Wapres Ma'ruf Amin Suarakan Pemenuhan Hak Bangsa Palestina

12/10/2024 09:40:02 WIB 7

Vientiane,TBNEWS_Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyuarakan pentingnya pemenuhan hak bangsa Palestina dalam pidatonya pada 14th ASEAN–United Nations Summit yang digelar di National Convention Centre (NCC), Kaysone Phomvihane Avenue, Vientiane, Republik Demokratik Rakyat Laos, Jumat (11/10/2024),

Ma'ruf Amin menyatakan, hak-hak bangsa Palestina tidak dapat terpenuhi selama tujuh dekade ini. Semakin hari, kondisinya pun semakin buruk.

Wapres Ma'aruf Amin menegaskan, eskalasi konflik di Timur Tengah menjadi tantangan serius terhadap multilateralisme dan penegakan hukum internasional.

“Apa yang terjadi di Gaza, Tepi Barat, Ukraina, dan Lebanon merupakan contoh tantangan terhadap multilateralisme dan penerapan hukum internasional secara konsisten,” ungkap Wapres Ma'ruf Amin dikutip Beritasatu.com dari keterangannya, pada Jumat (11/10/2024).

Maka dari itu, Wapres menyambut baik Resolusi Majelis Umum PBB ES 10/24. Ia berharap untuk penerapannya terus dipantau.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan solusi dua negara harus tetap dikedepankan dalam penyelesaian konflik Palestina-Israel. Wapres juga mendorong penguatan kemitraan antara ASEAN dan PBB.

"Kemitraan ASEAN-PBB harus digunakan untuk mendukung upaya mempertebal saling percaya dan solidaritas global, sebagaimana disebutkan dalam Pakta untuk masa depan," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia menyampaikan apresiasi atas penunjukkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebagai utusan khusus Sekjen PBB.

“Saya mengapresiasi kepercayaan Sekjen PBB kepada Menlu Retno Marsudi sebagai utusan khusus urusan air,” pungkas Wapres Ma'ruf Amin.

Share this post