Wapres berharap Pembangunan USNB dan Rumah Sakit Islam Syekh Nawawi Banten Jadi Pusat Peradaban Islam

15/10/2024 08:53:15 WIB 28

Banten,TBNEWS_Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan pencanangan pembangunan Universitas Syekh Nawawi Banten (USNB) dan Groundbreaking Rumah Sakit (RS) Islam Syekh Nawawi Banten, pada Senin (14/10/2024). Kampus USBN dibangun di atas lahan seluas 10 hektare.

Pembangunan saat ini sudah mencapai 30%, diharapkan dapat rampung pada April 2025. Adapun tiga bangunan yang dalam pembangunan adalah gedung rektorat, masjid, dan ruang perkuliahan.

USNB sampai saat ini telah memperoleh izin untuk mendirikan delapan fakultas, tujuh fakultas agama dan satu fakultas umum. Diharapkan lulusan USNB tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga bidang-bidang keilmuan modern, seperti teknologi, kedokteran, dan ekonomi.

"Kemudian juga nanti akan kita adakan pendidikan vokasi di universitas ini, sehingga kita akan membangun semacam sumber daya manusia yang unggul, yang memiliki keahlian-keahlian, juga termasuk urusan kepelabuhanan," ujar Wapres Ma'ruf Amin dalam sambutannya.

Selain itu, Ma'ruf Amin juga menuturkan pembangunan infrastruktur ini bertujuan untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai pusat peradaban Islam. Mampu menyebarkan ilmu pengetahuan dan pemikiran Islam.

"Tujuan besarnya adalah ingin membangun tempat ini, kawasan ini, menjadi pusat peradaban Islam yang akan memancarkan ilmu juga pemikiran," ungkapnya.

Dikatakan Wapres, pembangunan USNB dan rumah sakit ini, merupakan bentuk penghormatan terhadap Syekh Nawawi Al-Bantani, seorang ulama besar asal Banten yang terkenal.

Nantinya, kawasan ini akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti Museum Syekh Nawawi Al-Bantani. Supaya karya dan pemikirannya bisa tetap lestari.

Wapres berharap kawasan menjadi pusat peradaban Islam yang mampu melahirkan generasi penerus bangsa yang unggul dan dapat memberikan kontribusi besar dalam pembangunan nasional.

"Saya ingin kawasan ini nanti menjadi pusat peradaban yang melahirkan para orang-orang yang menguasai agama, yaitu (mereka) yang bisa memberikan sumbangan lebih besar di dalam rangka pembangunan nasional Indonesia," pungkasnya.

Sementara itu, dalam acara ini turut hadir Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono, dan Ketua Yayasan RS Islam Syeikh Nawawi Banten Siti Hannah.

Share this post