Timnas Indonesia Merasa dirugikan saat tanding, KOI kecam Wasit

15/10/2024 08:39:16 WIB 10

TBNEWS_Performa wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin laga Bahrain versus Timnas Indonesia pada Kamis (10/10) mendapat sorotan keras dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Ketua KOI Raja Sapta Oktohari menilai Al Kaf kurang adil dalam memimpin laga. Peristiwa seperti ini tak bisa dianggap biasa, karena itu harus diprotes ke AFC dan atau FIFA.

Salah satu keputusan Al Kaf yang paling mendapat sorotan adalah menambah durasi waktu injury time. Wasit keempat memberi tambahan waktu enam menit, tetapi baru selesai dalam tempo 11 menit.

"Saya waktu itu masih di kaki gunung Cartenz, tapi masih bisa nonton. Siapapun yang punya rasa ke Indonesia pasti kecewa berat dengan apa yang dilakukan oleh wasit."

"Kita sama-sama lihat kok, plus 10 bukan plus enam dan kecurangan ini tidak bisa dibiarkan. Ini menyakitkan dan dengan segala macam cara kita akan berusaha [memprotes]," kata Okto, Senin (14/10).

Menurut mantan promotor tinju internasional ini, Indonesia tak boleh diperlakukan semena-mena oleh wasit yang bertugas. Sportivitas sebagai asas utama olahraga harus dijunjung tinggi.

Secara pribadi Okto telah berkomunikasi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Secara pribadi dan kelembagaan, KOI mendukung langkah PSSI melakukan protes ke AFC dan atau FIFA.

"Saya berkomunikasi dengan PSSI, terutama kakak saya Erick Thohir, karena ini tidak boleh dibiarkan. Indonesia tidak boleh jadi korban. Kita terus berupaya," katanya.

"Berusaha, tapi kalau kita diganjal terus dengan cara yang tidak elegan seperti ini kan tidak baik. Sehingga sikap NOC Indonesia sangat jelas, kita mengecam keras kecurangan yang terjadi."

Selanjutnya KOI berharap Indonesia tidak diperlakukan semena-mena lagi saat melawan China pada Selasa (15/10). Okto berharap wasit yang memimpin laga ini lebih adil.

"Karena ini dicurangi wasit sangat menyakitkan hati Indonesia, kita berjuang menjunjung sportivitas supaya Indonesia bisa mendapatkan peluang yang sama dengan yang lain," katanya

 

Share this post