Jika Anda ingin terhindar dari Asam Urat, Simak Ini Dia 4 Makanan yang Harus Dihindari !!

13/09/2024 11:19:46 WIB 9

Pesawaran, Lampung-Penyakit asam urat merupakan penyakit nyeri yang ditandai dengan nyeri di area persendian yang muncul secara tiba-tiba. Ada beberapa penyebab mengapa seseorang terkena penyakit asam urat, salah satunya yaitu terlalu banyak konsumsi makanan mengandung purin.

Nah, untuk mencegah penyakit asam urat yang kambuh, penderita wajib membatasi mengkonsumsi makanan tinggi purin.

Berikut ini merupakan empat makanan yang harus dihindari oleh para penderita asam urat antara lain:

1. Makanan Laut

Makanan yang pertama yang harus kamu hindari agar asam urat tidak kambuh, yaitu makanan - makanan laut. Hal ini karena makanan laut mengandung banyaknya purin. Ada beberapa jenis makanan laut yang harus dihindari oleh penderita asam urat, seperti kerang, ikan asin, ikan kembung, udang, lobster, kepiting, dan lainnya.

 

2. Jeroan

Selanjutnya, yaitu makanan jeroan karena makanan jeroan, seperti hati, babat, usus, dan organ bagian dalam hewan lainnya mengandung puring yang sangat tinggi. Untuk itu, kamu harus menghindari mengkonsumsi makanan jeroan agar asam urat tidak kambuh.

 

3. Daging Merah

Makanan selanjutnya yang harus kamu hindari, yaitu makanan daging merah. Walaupun daging merah ini mengandung protein hewani yang penting bagi tubuh, tetapi makanan ini mengandung purin yang tinggi. Kandungan purin yang ada di dalam daging merah dapat memicu penyakit asam urat. Oleh karena itu, penderita asam urat sangat disarankan untuk konsumsi daging putih seperti ayam atau mengkonsumsi makanan yang mengandung protein nabati, seperti tempe dan tahu.

 

4. Sayuran

Perlu diketahui bahwa ada beberapa sayuran yang memiliki kadar purin yang tinggi, seperti sayuran bayam, kembang kol, kacang polong, jamur, dan asparagus. Untuk itu, kamu harus membatasi mengkonsumsi sayuran yang mengandung purin agar asam urat tidak kambuh.

 

Itu dia informasi mengenai 4 (empat) makanan yang harus dihindari agar asam urat tidak kambuh.

Share this post