Bosnia Diterjang Banjir Bandang dan Tanah Longsor, 22 Orang Tewas

09/10/2024 08:55:42 WIB 14

TBNEWS_Bosnia diterjang bencana banjir bandang dan tanah longsor sejak pekan lalu. Sebanyak 22 orang dilaporkan tewas akibat bencana tersebut.

Dilansir AFP, Rabu (9/10/2024), otoritas setempat melaporkan tim penyelamat masih mencari enam orang yang hilang. Perintah evakuasi diterbitkan bagi warga di wilayah Jablanica dan Konjic yang terdampak banjir.

Otoritas di kanton Herzegovina-Neretva selatan melaporkan 19 orang tewas di Jablanica dan Konjic. Tiga korban lainnya ditemukan di kanton Bosnia Tengah.

Banjir dan tanah longsor yang melanda negara itu menyapu jalan, rel kereta api, dan jembatan, hingga memutus banyak daerah berpenduduk.

Desa Donja Jablanica, yang terletak sekitar 70 kilometer (43 mil) barat daya ibu kota Sarajevo, mengalami hujan lebat terparah.

Desa itu terkubur di bawah lumpur dan bebatuan dari tambang di dekatnya. Rumah-rumah hingga kendaraan hancur.

Tim penyelamat masih menyisir daerah tersebut untuk mencari dua orang hilang di Konjic dan empat di Jablanica, kata pihak berwenang.

Pemerintah Federasi Muslim-Kroasia, salah satu dari dua entitas yang membentuk Bosnia, bersama dengan Republika Srpska, mengumumkan keadaan bencana alam dan mendirikan crisis centre.

Mekanisme Perlindungan Sipil Uni Eropa juga diaktifkan dengan empat negara dari wilayah tersebut mengirimkan tim untuk membantu petugas penyelamat setempat.

Share this post