banyak yang belum tahu manfaat dari daun salam, yuk simak ini dia penjelasannya !

20/10/2024 11:23:01 WIB 5

TBNES, Polres Pesawaran_Daun salam adalah salah satu herbal yang biasanya dikenal sebagai bumbu masakan. Namun, daun satu ini ternyata sangat berkhasiat untuk kesehatan, terutama air rebusannya.
Air rebusan daun salam dapat membantu mengelola diabetes dengan meningkatkan metabolisme insulin dan glukosa. Selain itu, air rebusan daun salam juga disebut meredakan masalah pencernaan hingga sakit kepala.

Daun salam biasanya dikeringkan di bawah sinar matahari sebelum digunakan. Ini kaya akan nutrisi dari serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, daun salam juga merupakan sumber vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C.
Untuk mengonsumsinya, rendah 2-3 lembar daun salam kering dalam panci berisi air hangat dan biarkan selama beberapa jam. Saring dan minum airnya saat perut kosong.

Selain itu, bisa juga dengan memasukkan daun salam kering ke dalam air mendidih dan diamkan beberapa menit kemudian saring. Setelah hangat, bisa ditambahkan madu lalu diminum saat perut kosong.

Manfaat Air Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan
Dikutip dari Times of India, berikut beragam manfaat air rebusan daun salam untuk kesehatan:

1. Mengelola Diabetes
Minum air rebusan daun salam di pagi hari dapat membantu mengelola gula darah. Ini membantu menjaga kadar glukosa darah tetap stabil dan menaham rasa lapar.

Konsumsi rempah ini dikaitkan dengan peningkatan metabolisme insulin dan glukosa. Polifenol, senyawa aktif dalam daun salam, dapat membantu mengelola kadar glukosa. Menurut National Institutes of Health, konsumsi daun salam menurunkan faktor risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.

2. Meredakan Sakit Perut
Daun salam dikenal karena manfaatnya yang luar biasa dalam meredakan gangguan pencernaan termasuk sakit perut. Senyawa dalam rempah kering ini sangat efektif dalam mengobati sakit perut dan melancarkan pencernaan.

3. Radang Sendi
Rempah satu ini memiliki sifat anti peradangan yang dapat membantu mengurangi kemungkinan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, asma, hingga radang sendi. Air rebusan daun salam ini dapat meredakan gejala radang sendi, seperti nyeri sendi, pembengkakan, dan kekakuan.

4. Kesehatan Paru-paru
Jika diminum saat perut kosong, air rebusan daun salam mampu mencegah gangguan pernapasan. Minum air rebusan daun salam atau menghirup uap daun salam dapat membantu mengencerkan dahak dan menghilangkan patogen berbahaya yang terperangkap di paru-paru.

5. Batuk dan Pilek
Daun salam cukup efektif dalam mengatasi gejala seperti flu. Herbal ini membantu membersihkan lendir di paru-paru, mengobati pilek dan batuk, serta meredakan sakit tenggorokan.

Share this post