Upacara Pensucian Tunggul Wira Bhakti Andan Jejama: Langkah Bersejarah Polres Pesawaran

04/10/2024 14:08:13 WIB 19

Polres Pesawaran,Polda Lampung - Polres Pesawaran menggelar upacara tradisi Pensucian Tunggul Wira Bhakti Andan Jejama pada hari Jumat, 4 Oktober 2024. Kegiatan ini berlangsung di Aula Pamor Persada Polres Pesawaran.

Dalam upacara ini, Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny Hitijahubessy, S.H., S.IK., M.M., memimpin langsung prosesi upacara, didampingi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Pesawaran Sunyoto, S.E., M.M., Kepala Kesbangpol Pesawaran Syukur Saliak, S. Ag., para Pejabat Utama (PJU) Polres Pesawaran, serta personil lainnya dari Polres Pesawaran. Upacara ini juga dihadiri oleh para tokoh adat, termasuk perwakilan adat Saibatin dan Pepadun, yang ikut memberikan restu dan dukungan terhadap kegiatan ini.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini berjalan dengan khidmat dan penuh makna. Dalam sambutannya, Kapolres Pesawaran, AKBP Maya Henny Hitijahubessy, menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas peresmian Tunggul Wira Bhakti Andan Jejama yang merupakan simbol kesatuan dan pengabdian korps Polres Pesawaran.

"Peresmian Tunggul ini merupakan momen bersejarah bagi kita semua, di mana Tunggul Wira Bhakti Andan Jejama ini tidak hanya menjadi simbol persatuan, tetapi juga mencerminkan pengabdian yang dilandasi semangat kepahlawanan dan keperwiraan," Pungkas Kapolres dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Kapolres juga menekankan bahwa semboyan "Andan Jejama" mencerminkan sinergi antara Polres Pesawaran dan masyarakat, yang berakar pada kearifan lokal adat Saibatin dan Pepadun. Ia juga mengapresiasi kontribusi dari berbagai pihak, termasuk tokoh adat dan ahli bahasa, yang telah berperan dalam proses peresmian Tunggul tersebut.

Kapolres Maya berharap, dengan diresmikannya Tunggul Wira Bhakti Andan Jejama ini, seluruh personel Polres Pesawaran dapat semakin termotivasi untuk melaksanakan tugas mereka sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, dan dedikasi.

Kegiatan upacara berjalan dengan aman dan lancar. Di akhir sambutannya, Kapolres menyampaikan harapannya agar sinergi dan kerja sama antara Polres Pesawaran dan masyarakat terus diperkuat demi mewujudkan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Pesawaran.

Upacara ditutup dengan doa bersama, sebagai tanda syukur dan harapan agar seluruh personel Polres Pesawaran selalu diberi kemudahan dan kekuatan dalam menjalankan tugas pengabdian mereka.

Share this post