Peningkatan Kapasitas Personil Bhabinkamtibmas Polres Pesawaran melalui Pelatihan Mitigasi Konflik Pertanahan secara Daring

16/10/2024 13:13:55 WIB 7


TBNEWS_Sat Binmas Polres Pesawaran menyelenggarakan kegiatan pelatihan daring bagi para personil Bhabinkamtibmas dengan topik "Peningkatan Pengetahuan Bhabinkamtibmas dalam Mitigasi Konflik Pertanahan". Pelatihan ini dilaksanakan pada Rabu, (16/10/2024) Pagi, bertempat di Aula Pamor Persada Polres Pesawaran dan menggunakan sarana Zoom Meeting untuk memfasilitasi pelatihan daring.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny Hitijahubessy, S.H.,S.I.K.,M.M diwakili Wakapolres Pesawaran Kompol Sugandhi Satria Nugraha, S.I.P., M.H untuk memberikan arahan dan pembekalan bagi para personil yang hadir. Selain itu, Kasat Binmas Polres Pesawaran AKP Sofyansah turut hadir dalam mendampingi jalannya pelatihan tersebut.

Sebanyak 50 personil Bhabinkamtibmas Polres Pesawaran mengikuti pelatihan ini dengan antusias. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personil Bhabinkamtibmas dalam menangani dan memitigasi konflik pertanahan yang sering terjadi di wilayah hukum mereka. Polda Lampung sebagai penyelenggara pelatihan berusaha memberikan pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek pertanahan, termasuk strategi mitigasi konflik agar para personil dapat berperan lebih efektif di lapangan.

Dalam sambutannya, Wakapolres Pesawaran Kompol Sugandhi Satria Nugraha, S.I.P., M.H., menekankan pentingnya pelatihan ini untuk memperkuat peran Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak kepolisian di tengah masyarakat, khususnya dalam mencegah dan menyelesaikan konflik pertanahan secara efektif dan tepat sasaran. Beliau juga mengapresiasi semangat dan dedikasi para peserta yang hadir dalam pelatihan daring ini meskipun diadakan secara jarak jauh.

"Saya berharap melalui pelatihan ini, seluruh personil Bhabinkamtibmas dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam menangani permasalahan pertanahan, sehingga dapat menjadi fasilitator yang baik dalam menyelesaikan konflik serta menjaga stabilitas dan keamanan di wilayahnya masing-masing," ungkap Kompol Sugandhi.

Pelatihan yang diberikan secara daring ini menjadi bagian dari upaya Polda Lampung dalam mendukung peningkatan kapasitas personil Bhabinkamtibmas melalui teknologi digital, sehingga mereka dapat terus belajar dan mengembangkan kemampuan di tengah situasi dan tantangan yang ada.

Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk menyampaikan berbagai arahan strategis terkait tugas dan tanggung jawab Bhabinkamtibmas dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan permasalahan pertanahan yang kerap menimbulkan potensi konflik di wilayah hukum Polres Pesawaran.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para personil Bhabinkamtibmas dapat lebih memahami langkah-langkah yang harus diambil saat menghadapi konflik pertanahan dan mampu melakukan pendekatan preventif serta kolaboratif bersama masyarakat dan pihak terkait untuk menciptakan solusi yang damai dan berkelanjutan.

Share this post