Mahasiswa Internasional UAD Ungkap Harapan selama Berkuliah

25/09/2024 08:39:01 WIB 18

Mahasiswa baru Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bukan hanya berasal dari lokal saja tetapi juga internasional, salah satunya Eugenia. Mahasiswa baru Program Studi (Prodi) Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) ini berasal dari Timor Leste.

Perempuan yang memiliki nama lengkap Eugenia Carlos de Paula dos Reis itu memilih Prodi Biologi di UAD karena ketertarikannya pada alam semesta. “Saya sangat tertarik karena Biologi adalah prodi yang akreditasinya Unggul di UAD, dan saya juga sangat suka dengan pelajaran biologi sejak di SMA karena seru dan kita bisa belajar semua yang ada di bumi ini.”

 

“Setahun yang lalu saya berpartisipasi di Expo Education yang diadakan di Pusat Budaya Indonesia dan saya sangat tertarik dengan beasiswa yang diberikan oleh UAD. Bukan hanya itu saja, UAD juga terletak di kota pelajar Yogyakarta sehingga memotivasi saya untuk menempuh studi di sini,” ujarnya dalam wawancara.

 

Perbedaan bahasa yang dimiliki tak menjadikan halangan baginya untuk selalu meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. “Soal bahasa puji syukur, saya bisa berbahasa Indonesia sedikit karena kami juga belajar bahasa Indonesia di negara kami. Meskipun ada banyak kosakata yang belum dipahami, bukan menjadi kendala besar buat saya dan saya sangat senang karena bisa belajar melalui komunikasi dengan teman yang lain. Mereka sangat membantu ketika saya bertanya untuk menjelaskannya,” ungkapnya.

Masa Program Pengenalan Kampus (P2K) baginya merupakan pengalaman yang menyenangkan dan membuatnya lebih mengenal UAD serta budaya di Indonesia. Kampus menyediakan semua dengan sangat lengkap baik sarana maupun prasarana. Eugenia setiap hari mencoba untuk beradaptasi di lingkungan dan budaya UAD melalui bantuan panitia yang baik hati.

 

Jauh berasal dari Timor Leste, Eugenia tentunya memiliki mimpi dan harapan yang besar. “Selama masa studi saya di UAD, saya ingin berkontribusi dengan kemampuan saya di bidang akademik maupun non-akademik. Sebagai mahasiswa, suatu hal yang harus diperbuat selama masa studi itu ialah memberikan semua energi kita dan mengeksplorasi melalui itu. Saya ingin berkontribusi semaksimal mungkin dengan mengikuti paduan suara, seni musik, fotografi, dan lainnya,” ungkapnya.

Tak cukup dengan ilmu untuk dirinya pribadi, Eugenia juga berharap ilmu yang didapatkannya dari UAD, mampu bermanfaat dan berkontribusi bagi warga di Timor Leste. “Harapan saya setelah lulus UAD adalah bisa mendapat ilmu yang lebih dalam khususnya di prodi saya dan bisa menjadi anak muda yang berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik. Saya ingin membawa dan berkontribusi yang terbaik kepada negara saya melalui semua yang telah saya dapat dari UAD,” tutup Eugenia dalam wawancaranya.

Share this post