Kena 'Bogem' Pemain, Wasit PON Aceh-Sumut 2024 Cabor Sepak Bola Jatuh Pingsan

15/09/2024 14:30:57 WIB 82

Jakarta-Pertandingan Aceh vs Sulawesi Tengah viral gara-gara keputusan kontroversial wasit hingga sang pengadil KO dipukul pemain Sulteng di bagian rahang sampai terkapar di PON 2024. Aceh lolos ke semifinal PON 2024 setelah tim Sulawesi Tengah menolak melanjutkan pertandingan alias kalah Walk Over (WO) di perempat final, Sabtu (14/9).

Pertandingan antara tuan rumah Aceh vs Sulawesi Tengah pada perempat final sepak bola putra PON 2024 di Stadion Dimurthala, Banda Aceh, Sabtu (14/9) awalnya berlangsung seperti biasa.

Sulteng berhasil unggul 1-0 atas Aceh pada menit ke-24. Aceh sebagai tuan rumah merespons untuk mengejar ketertinggalan.

Pertandingan mulai panas saat laga terhenti pada menit ke-38 gara-gara suporter emosi dengan melemparkan botol air mineral ke dalam lapangan imbas cekcok pelatih Sulteng dan staf pelatih Aceh. Setelah situasi kondusif pertandingan bisa dilanjutkan kembali.

Pada menit ke-74 wasit mengusir pemain Sulteng Wahyu Alman dengan kartu kuning kedua yang berujung kartu merah setelah sang pemain mengangkat kaki terlalu tinggi.

Di menit ke-83 wasit Eko Agus Sugih Harto kembali mengeluarkan kartu merah untuk pemain Sulteng Moh Akbar yang melanggar pemain Aceh. Gara-gara kartu merah itu pemain dan ofisial Sulteng protes.

Pertandingan sempat terhenti gara-gara pemain Sulteng tak terima keputusan dan sempat ogah-ogahan untuk melanjutkan pertandingan.

Tapi, setelah pelatih Sulteng Zulkifli Syukur memberikan motivasi para pemain mau untuk turun lagi ke lapangan. Wasit kembali melanjutkan permainan.

Puncak kontroversi dan kekacauan terjadi pada menit ke-97 saat wasit ditinju pemain Sulawesi Tengah Muhammad Rizki Saputra hingga terjatuh pada menit ke-97 gara-gara sang pemain kesal wasit Eko Agus Sugiharto memberikan penalti untuk Aceh.

Wasit langsung mendapatkan perawatan medis di lapangan kemudian dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans. Di sisi lain penonton marah dan melemparkan botol air mineral ke dalam stadion. Sementara Rizki Saputra diusir wasit dengan kartu merah akibat aksinya meninju wasit.

Pertandingan dilanjutkan kembali dengan eksekusi penalti untuk Aceh. Tapi penalti Aceh ini gagal menjadi gol, Sulteng masih unggul 1-0.

Kemudian Aceh dapat penalti lagi karena pemain Sulteng dianggap handball. Lewat penalti di pengujung babak kedua, Aceh berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 hingga pertandingan waktu normal berakhir.

Namun tim Sulteng menolak untuk melanjutkan pertandingan dan dinyatakan kalah walk out (WO). Aceh lolos ke semifinal PON 2024.

 

Share this post